Tuesday 10 April 2012

Cinta terhadap tanah air

tema ; cinta terhadap tanah air

Cinta tanah air ialah perasaan cinta terhadap bangsa dan negaranya sendiri.Usaha membela bangsa dari serangan penjajahan.Dalam cinta tanah air terdapat nilai-nilai kepahlawanan ialah:Rela dengan sepenuh hati berkorban untuk bangsa dan Negara.
Pada hakekatnya cinta tanah air dan bangsa adalah kebanggaan menjadi salah satu bagian dari tanah air dan bangsanya yang berujung ingin berbuat sesuatu yang mengharumkan nama tanah air dan bangsa.
Sebagian orang indonesia, kita harus bangga karena dilahirkan dan menjadi orang indonesia. Banyak cara untuk mencintai indonesia. wujud cinta indonesia bisa dilakukan dengan hal- hal yang kecil, seperti misalnya; merasa bertanggung jawab atas lingkungan kita.
Rasa cinta kita sebaiknya ditujukan dengan hal- hal yang bersifat aplikatif, yaitu dengan bekerja dan turun langsung untuk menjaga dan melindungi tanah air indonesia. Misalnya; seperti menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang mendasar yang mencerminkan bahwa kita mencintai indonesia, yaitu;

• Bangga sebagai orang indonesia
Rasa bangga terhadap tanah air akan menumbuhkan rasa cinta dan memiliki yang sangat besar terhadap indonesia. Jika sudah cinta dan bangga, kita akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa kita. Kita akan selalu menjaga nama baik indonesia dan memperjuangkan kelangsungan kemerdekaan indonesia.
• Memakai produk dalam negeri
Memakai produk dalam negeri berarti mencintai hasil karya orang- orang indonesia. Dalam memakai produk dalam negeri, berarti kita berusaha mencintai segala sesuatu yang berasal dari indonesia. Pakailah produk- produk dalam negeri berati kita membantu melancarkan pembangunan di negeri ini.
• Mentaati peraturan
mentaati peraturan adalah contoh aplikatif yang paling besar dalam mencintai indonesia. Dengan mentaati peraturan, berarti kita peduli akan kelangsungan kehidupan yang damai di negeri indonesia ini. Jangan pernah melanggar peraturan yang telah ditetapkan negara, karena pada akhirnya akan sangat merugikan orang banyak.
• Membayar pajak
Sebagai orang yang bijak, kita harus membayar pajak. Dengan membayar pajak, kita akan melancarkan pembangunan di indonesia. Berkat uang yang diperoleh dari hasil pajak kita, negara akan lancar melakukan pembangunan dan tidak akan terkendala biaya. Jika kita tidak membayar pajak, berarti kita akan menghambat kemajuan indonesia dan menghambat pembangunan di indonesia.

Itulah hal- hal yang sederhana untuk menunjukan rasa cinta kita terhadap tanah air indonesia. Hal-hal tersebut sekilas akan mudah untuk kita jalani. Namun, melakukan hal tersebut perlu dilakukan suatu pengorbanan dan niat yang besar untuk melaksanakannya. Mencintai indonesia itu seharusnya perlu memiliki rasa berkorban dan bertanggung jawab, sebagaimana para pahlawan yang telah rela kehilangan nyawanya untuk bangsa indonesia.

No comments:

Post a Comment